Cara Memulai Bisnis jualan Pulsa

sukses jualan pulsa elektrik

Bagaimana cara memulai bisnis pulsa elektrik ? berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha pulsa ? bisakah berjualan pulsa tanpa modal ? Silahkan baca artikel ini sampai selesai semoga bemanfaat.

Bisnis jualan pulsa itu usaha yang gampang-gampang susah, Mudah karena usaha ini bisa dimulai dengan modal relatif kecil, bahkan dengan uang Rp 50.000,- pun kita sudah bisa mulai berjualan pulsa. Selain itu juga bisnis ini benar-benar hampir tanpa resiko.

Susahnya, kita harus bener-bener kreatif untuk mengembangkan usaha pejualan pulsa elektrik ini karena jika tidak maka usaha kita tidak akan pernah berkembang. Alias itu-itu saja. Selain itu juga kreatif diperlukan untuk menghadapi persaingan dengan penjual lain atau bahkan konter pulsa dengan modal yang lebih besar.

1 Chip 1 Operator Vs 1 Chip All Operator

Yang dimaksud 1 chip 1 operator adalah chip resmi yang langsung di keluarkan oleh operator seluler seperti Mkios, Mtronik, Dompul, Evo, STK Tri dan lain-lain. Jadi proses transaksinya langsung ke operator tersebut, tanpa lewat server atau pihak ke tiga.

Kelebihan 1 chip 1 operator pulsa dipastikan masuk, prosesnya lebih cepat, harga bisa lebih murah jika deposit dengan jumlah banyak, misal jika deposit sebesar 1 Milyar akan mendapatkan potongan sebesar 3 %, dan seterusnya.

Kekurangannya, ribet ngurusin stok di masing2 kartu karena 1 kartu 1 operator, misalnya 1 kartu Mkios (As dan Simpati) masing2 stok nya harus diperhitungkan, dimana stok mkios terdiri dari nominal 5, 10, 15, 25, 50 dan 100. Jadi kita membeli stok misal denom 5ribu 100 buah, denom 10rb sebanyak 50 buah dan seterusnya. Begitupun dengan operator yang lain.

Untuk mendapatkannya silahkan kunjungi gerai masing-masing operator dengan membayar sejumlah harga tertentu. Cara ini tidak disarankan untuk pemula karena selain lebih rumit yaitu 1 chip hanya bisa di gunakan untuk 1 operator, jadi untuk berjualan pulsa harus mempunyai chip semua operator dan membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Sedangkan yang akan kita bahas lebih lanjut disini adalah 1 chip all operator karena lebih cocok untuk pemula dalam bisnis usaha pulsa.

1 chip all operator ini maksudnya adalah proses transaksinya melewati Pihak ke 3, yaitu melewati server one chip all operator. jadi server all operator ini hanya perantara antara penjual pulsa dengan berbagai operator pulsa.
Kelebihannya tidak usah ribet ngurusin stok masing-masing operator. 1 stok/deposit untuk semua operator. Misalnya kita deposit ke server tersebut Rp 100.000, maka jumlah tersebut bisa untuk bertransaksi nomor operator apapun.
Kekurangannya, sedikit lamban dalam prosesnya, itu pun bergantung dari makin canggih server tersebut maka semakin cepat proses transaksinya. Pulsa tidak selalu dipastikan selalu masuk, karena terkadang server one chip operator tsb juga mengambil stok ke server yang lain. Selain itu, dari harga jg lebih biasanya lebih mahal sekitar Rp. 50-100an perak dari harga asli kalau ambil langsung ke operator, tapi sebanding dengan kepraktisan yg didapat.

Hal Yang Perlu di Lakukan Sebelum Mulai Berjualan Pulsa

  • Memilih HP yang Tepat
    Kenapa pilihan hp menjadi penting ? karena penjualan pulsa menggunakan SMS dari hp untuk seluruh transaksinya. Pilihlah HP yang tidak terlalu banyak fiturnya agarĀ  baterai awet, karena yang di butuhkan asal bisa SMS saja. Akan lebih baik hp yang bisa dual sim dan gunakan nomor yang paling irit untuk sms misalnya Three dan nomor yang satu boleh operator apa saja untuk di gunakan sebagai cadangan untuk di dipararelkan. Namun jika tidak bisa sesuai kriteria di atas HP apa saja juga bisa di gunakan.
  • Siapkan Modal Awal Untuk Deposit.
    Hampir semua server pulsa all operator sekarang menggratiskan biaya pendaftarannya dan minimal deposit yang tidak terlalu besar. Siapkan Modal Rp 50.000 – Rp 100.000, lebih banyak lebih baik biar tidak bolak balik mengisi deposit.
  • Pilih Server Pulsa Yang Terpercaya.
    Silahkan baca tips memilih server pulsa yang handal dan dapat dipercaya.
  • Survey Harga Pasar.
    Lakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui harga pasar pulsa di sekitar tempat anda ingin jualan, jangan sampai berjualan dengan harga lebih tinggi dari penjual yang lain.
  • Lakukan Promosi
    Promosi bisa dilakukan dengan cara sederhana, seperti menyebar pamflet/brosur, membuat banner untuk konter anda. Sangat disarankan untuk melakukan promosi di jejaring social yang anda miliki karena efek viral dari jejaring social sangat bagus untuk promosi anda apalagi jika anda mempunya teman / follower yang lumayan.

Hal Yang PentingĀ  Namun Sering di Lupakan dalam bisnis berjualan pulsa elektrik !

Mendaftar dilebih dari satu pulsa server itu penting, Mengapa ? Sudah hukum alam bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini, demikian juga dengan server pulsa. Tidak peduli seberapa hebat Software Enginenya, seberapa powerfull PC server yang di gunakan pasti ada kalanya server lambat, transaksi telat, server maintenance, jaringan down, stok kosong dan seabreg masalah lainya.

Namun jangan khawatir, itulah gunanya mengapa mendaftar di lebih dari server itu sangat di sarankan, tentu untuk anda yang benar-benar serius dalam bisnis penjualan pulsa elektrik ini dan mengutamakan pelayanan. Karena pelanggan akan kecewa jika ketika mereka datang ke kios anda namun ternyata sedang gangguan.

Selain itu juga keuntungan mendaftar di dua server berbeda adalah kita bisa memilih milih harga yang paling murah ketika melakukan transaksi, misal kita mendaftar di Server A yang harga simpatinnya mahal namun harga indosatnya murah dan Server B untuk yang harga simpatinya murah namun indosatnya standar.

Langkah Untuk Mulai Berjualan Pulsa Elektrik. BERSAMBUNG
Baca di sini saja kelanjutannya kepanjangngen nulisnya : Panduan berjualan pulsa

Tag : Bisnis Pulsa, cara jualan pulsa, Cara menjual pulsa, cara berjualan pulsa, tips jualan pulsa, cara jual pulsa elektrik, usaha pulsa, bisnis jualan pulsa, cara berbisnis pulsa, cara menjual pulsa elektrik